DSCF0749.JPG
  

KUNJUNGAN INDUSTRI – SMK WIKARYA KARANGANYAR

Kunjungan Industri adalah suatu kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh siswa-siswi SMK Wikarya Karanganyar. Kunjungan Industri merupakan salah satu jenis kegiatan pembelajaran di luar lingkungan sekolah yang di lakukan dengan mengunjungi sebuah perusahaan yang menjadi contoh kegiatan atau gambaran pekerjaan yang akan dilakukan oleh siswa sesuai dengan program keahlian masing-masing. Kunjungan Industri menunjukan tentang banyak hal yang ada dalam lapangan pekerjaan. Siswa siswi diajak turut serta dalam melihat bagaimana sebuah perusahaan beroperasi dan bekerja. Harapan dengan adanya kegiatan kunjungan industri adalah siswa SMK menjadi lebih mudah dalam menyesuaikan diri dengan Dunia Industri atau Dunia Kerja dan mendapatkan wawasan yang lebih luas.
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan siswa-siswi SMK, SMK Wikarya Karanganyar telah mengadakan Kunjungan Industri atau disingkat KI ke sejumlah perusahaan di Yogyakarta pada, Selasa dan Rabu, 14-15 November 2023.
Kunjungan Industri diawali dengan pemaparan company profile perusahaan mengenai pengenalan dunia kerja. Kemudian dilanjutkan dengan melihat proses produksi secara langsung. Para peserta kunjungan industri juga bebas bertanya kepada perwakilan pihak industri mengenai proses produksi yang mereka ingin tahu.
Apa saja kegiatan kunjungan industri di SMK Wikarya Karanganyar?


1. Kegiatan kunjungan industri di TVRI Yogyakarta.
TVRI Stasiun D.I Yogyakarta merupakan TVRI stasiun daerah pertama kali yang berdiri di tanah air, yakni tahun 1965. TVRI adalah media publik dengan integritas tinggi untuk menyuarakan berbagai nilai, budaya, dan keberagaman yang menjadi kebanggaan Indonesia melalui konten programnya yang berkualitas ke seluruh lapisan masyarakat hingga ke berbagai penjuru tempat.

Peserta kunjungan industri TVRI Yogyakarta diberikan wawasan mengenai teknik pengambilan gambar produksi serta teknologi broadband broadcasting serta melihat dan praktik secara langsung di berbagai studio yang ada pada stasiun TVRI Yogyakarta

2. Kegiatan kunjungan industri ke DJPB Kanwil Yogyakarta
Direktorat Jenderal Perbendaharaan mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang perbendaharaan negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kunjungan ke DJPB Kanwil Yogyakarta dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang APBN. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memacu semangat berprestasi siswa-siswi guna meraih kesuksesan.


3. Kegiatan kunjungan industri di CPC Johnny Hendarta Yogyakarta
Johnny Hendarta, EFIAP, Hon.E.FPSI, A.FPSI, E.FPSI, QPSA adalah salah satu tokoh senior fotografi Indonesia. Memulai karir fotografi pada tahun 80an dengan spesialasi pada fotografi komersial. Beliau berperan dalam pendirian FSMR ISI Yogyakarta dan menjadi Dosen Praktisi selain aktifitas di CPC Studio miliknya.

Dengan mengikuti kegiatan kunjungan industri di CPC Johnny Hendarta Yogyakarta maka siswa-siswi dapat mengetahui berbagai jenis pencahayaan, mengenal aksesorisnya, dan dapat melakukan penataan cahaya dalam pemotretan studio.

4. Terakhir dilakukan kegiatan Tabble Manner di Hotel Grand Serela Yogyakarta
Table manner merupakan aturan etika yang dipergunakan pada saat makan, yang mana memberikan petunjuk-petunjuk yang benar dalam penggunaan alat makan. Dengan mengikuti pelatihan table manner dapat mempermudah siswa untuk menyesuaikan diri dalam dunia kerja atau saat pertemuan-pertemuan kantor atau bisnis.

Kegiatan table manner di Hotel Grand Serela Yogyakarta berjalan dengan lancar dan sukses. Sesampainya di sana siswa diajak untuk melakukan observasi hotel terlebih dahulu, kemudian diberi pemaparan materi tentang table manner dari pihak Grand Serela Yogyakarta mulai dari bagaimana menyantap makanan pembuka hingga ke santapan penutup. Selain itu juga terdapat reward yang sangat menarik bagi beberapa siswa terkait dengan materi table manner.

Alhamdulillah serangkaian kegiatan kunjungan industri SMK Wikarya Karanganyar di Yogyakarta terlaksan dengan lancar. Diharapkan melalui kegiatan kunjungan industri, siswa-siswi SMK Wikarya Karanganyar dapat belajar melalui pengalaman langsung dari dunia industri, sehingga memiliki pemahaman yang lebih baik dan dapat menerapkannya dalam kehidupan nyata serta pada ruang lingkup yang lebih luas untuk meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan kemampuan dalam bersosialisasi, serta dapat menunjang kesuksesan mereka ke depannya.

IMG-20231213-WA0001.jpg
  

LDK : Pemimpin Muda, Masa Depan Berkualitas

Sabtu, 11 November 2023. Telah terlaksana kegiatan LDK “Latihan Dasar Kepemimpinan” SMK Wikarya Karanganyar Tahun 2023 – 2024”. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk melatih kepemimpinan dari siswa, khususnya pada organisasi OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), Ambalan, PKS (Patroli Keamanan Sekolah), PMR (Palang Merah Remaja) dan RISMA (Remaja Islam Masjid). Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ibu Kepala SMK Wikarya Karanganyar, Ibu Dra. Sularmi, S.Pd yang membuka kegiatan tersebut dan memberi semangat kepada siswa-siswa agar bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan LDK. Baiknya Negara dan SMK Wikarya yang tercinta ini tergantung dari generasi muda yang ada sekarang yang mana harus mempunyai sikap dan karakter bertanggung jawab, bersemangat dan mempunyai jiwa kepemimpinan menjadi kunci untuk mencapai tujuan tersebut.


LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) menjadi salah satu rangkaian kegiatan sebelum siswa nantinya akan dilantik menjadi pengurus pada organisasi masing-masing. Dalam kegiatan tersebut terdapat materi-materi yang sangat bermanfaat dan disampaikan oleh narasumber yang sangat luar biasa. Materi Kearsipan dan Pembuatan Proposal oleh Bapak Riyanto Joko Wijiatmoko, S.Pd., Materi Public Speaking oleh Bapak Didik Sulistyo, S.Pd.I., materi Manajemen Berorganisasi oleh Bapak Ahmad Wahyudi, S.Pd., materi Senang Berorganisasi oleh Bapak Agus Yulianto, S.Pd.I., materi PBB dan Manajemen Konflik oleh Bapak Ibu Kesiswaan.


Dari serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan banyak sekali manfaat dari mengikuti kegiatan LDK ini, melatih kedisiplinan, melatih kerjasama antarsiswa, melatih bagaimana cara berbicara yang baik di depan umum, yang paling penting adalah membentuk karakter siswa. Karena karakter siswa menjadi pandangan umum ketika kita melihat maju tidaknya sekolah kita. Karakter yang bagus akan melahirkan budi pekerti dan yang paling diharapkan akan melahirkan sebuah prestasi.

Screenshot_20231211-154930_Word.jpg
  

Supervisi Komunitas Belajar oleh Pengawas SMK Dr. M.V. Sri Hartini, M.Hum.

Senin, 6 November 2023, Selain melakukan kunjungan supervisi dan sosialiasasi PKKS ( Penilaian Kinerja Kepala Sekolah ) Ibu pengawas SMK juga mengapresisasi komunitas belajar di SMK Wikarya Karanganyar yang berjalan lancar dan berharap dari komunitas belajar ini bisa mewujudkan proses belajar yang efektif dan meyenangkan bagi peserta didik. Di samping datang untuk kunjungan supervisi Ibu Pengawas juga mengapresiasi hasil karya P5 yang bertema kearifan lokal yang dilaksanakan pada Selasa, 31 Oktober 2023 di halaman SMK Wikarya Karanganyar. Dengan menghasilkan karya batik jumputan, Ibu Pengawas menilai batik jumputan karya anak-anak SMK Wikarya sangat bagus dan sangat layak untuk dijual ke masyarakat.